Jumat, 12 Juli 2013

Windows Control

Pada pos sebelumnya kita sudah mencoba membuat satu aplikasi yang sangat sederhana. Secara tidak langsung kita sudah menggunakan Form dan Button, bahkah kita sudah menulis event handler dari event klik pada button kita.

Dalam aplikasi windows form terdapat banyak kontrol kontrol yang disediakan oleh VB. Sebagian besar kontrol tersebut sebenarnya disediakan oleh Windows API, vb menjadi jabatannya, sedangkan Net Framework bertugas sebagai encapsulation binder ( penyatu ). Window API sangatlah besar dan sesuatu yang sangat komplek bagi pemula. Dalam Net frameWork fungsi fungsi Window API yang berhubungan akan di binding (disatukan) menjadi object object tertentu yang siat digunakan dan menjadikan segalanya lebih mudah dan berarti.

Kontrol yang sering digunakan di dalam form adalah sebagai berikut:

Nama Control ToolBox
Icon
Penjelasan Tampilan Pada Form
Button
Button atau tombol merupakan kontrol seperti tombol. User dapat mengklik control ini dan event click akan dijalankan

CheckBox
Dapat dicentang oleh user. Event yang biasa di program adalah click dan changed.

TextBox

Textbox digunakan untuk menampung input keyboard berupa tulisan. Bisa di set menjadi multiline. Event yang sering di program adalah changed, enter, leave dll. 

ComboBox
ComboBox adalah semacam TextBox yang memiliki daftar pilihan untuk user. User dapat mengetik ataupun memilih dari list yang disediakan. ComboBox juga dapat diset hanya menerima pilihan. Event yang sering di program adalah changed, selectedListchanged, enter, leave dll.

DateTimePicker

DateTimePicker merupakan editor untuk tanggal, bertujuan untuk meminta user untuk meng input data tanggal (dan mungkin jam) tanpa membuat kesalahan. User hanya perlu bernavigasi dengan kalender
Label

Label hanya menampilkan suatu text statik saja. Kenyataannya label sangat jarang program.

LinkLabel

Link Label menampilkan tulisan seperti hyperlink dalam internet explorer. Sekali user mengklik label maka warnanya akan berubah menandakan sudah pernah di klik. Event yang sering di program adalah event click.

ListBox

ListBox merupakan daftar pilihan yang mungkin memiliki scroll bar kalau item yang tersedia banyak.  ListBox memilik property Text yang merupakan multiline text yang akan menjadi item yang bisa dipilih.

MaskedTextEditor

MaskedTextEdit merupakan editor layaknya TextBox bedanya kita dapat membuat "mask" atau pola dari input sehingga input yang dibuat user sesuai dengan aturan dari pola yang kita buat.

NumericUpDown

NumericUpDown merupakan editor untuk angka bilangan bulat. Dengan mengklik button naik atau turun nilai dari angka yang di input akan berubah. Type control ini dibuat untuk user yang gemar menggunakan mouse untuk meng input. 

PictureBox

PictureBox merupakan tempat gambar ditempatkan. Ada banyak cara untuk membuat gambar pada form, PictureBox mungkin yang paling mudah dan flexibel. PictureBox dapat digunakan pada saat design dan kita dapat mengatur segala-sesuatunya dari property editor.

RadioButton

Radio Button merupakan button seperti tombol tape player jadul. Pada saat yang sama satu group radio button hanya bisa dipilih salah satunya saja.


Sebenarnya masih banyak lagi kontrol kontrol yang sering dipakai dalam seperti DataGridView, Group Box dll, namun saya cuma memilih kontrol yang terdaftar dalam "Common Controls."

Semua kontrol yang dibahas diatas merupakan Kontrol yang dapat diliat dalam form. Selain itu ada juga object object non-visual seperti Dataset, DataTable, Timer dll.

Tunggu pembahasan selanjutnya.




1 komentar:

  1. saya masih belajan untuk vb 6, kebetulan os saya sudah mengguanakan win7, kanapa vb 6 tidak berjalan di os win7??

    BalasHapus