Selasa, 02 Juli 2013

Visual Basic .NET

Mungkin kita sudah banyak mendengar tentang VB net, namun tak banyak yang benar benar tau apa itu VB Net. VB adalah singkatan dari Visual Basic yang sebenarnya merupakan Cucu dari Bahasa Basic. Pada tahun tahun tak enak, dulu Basica atau pun gwbasic masih digunakan dalam pemrograman sederhana yang belakangan menjadi Visual Basic yang terkenal kontra versi karena banyak yang beranggapan Visual Basic bukan merupakan compiler sungguhan. Visual basic versi terdahulu menggantungkan powernya pada library library external dan sangat terbatas dalam memory akses.

Sesudah Versi VB 6, Microsoft merilis versi Visual Studio 2002 dan 2003, VB digabungkan dalam platform .NetFrameWork, yang merupakan core dari programmnya. Dalam Versi Visual Studio 2003, microsoft menjadikan VB, C#, C++ dan J++ ke dalam satu paket bahasa yang mengunakan library program yang sama yaitu NetFrameWork. Kondisi ini menyebabkan banyak perubahan harus diadakan dalam bahasa VB. Meskipun library vb terdahulu masih dibundel dengan nama VB Power Pack, namun Power dari VB itu ternyata berada di NetFrameWork sendiri.

Tampilan Visual Basic 6.0
Sebenarnya VB.Net dirilis dengan dokumentasi yang sangat rapi dan mudah dipahami. Namun programmer VB terdahulu kelihatan kesulitan untuk mengadopsi teknik baru yang ternyata jauh berbeda. Hal yang membuat lebih prihatin ternyata di dunia akademis kita ternyata masih mengunakan VB versi jadul.

Penulis dalam hal ini ingin berbagi tentang pengetahuan programming khususnya VB .Net. Dengan harapan Tulisan ini dapat menjadi sesuatu yang berguna.

Tampilan Visual Studio 2008


tag: vb.net, visual basic, dotNet. Tutorial.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar