Selasa, 02 Juli 2013

Software Yang Dibutuhkan.

Untuk keperluan belajar VB.Net sebaiknya kita membutuhkan software sbb:

Visual Basic Express.
Software ini adalah versi gratis dari Visual Studio. Versi yang penulis pakai adala VB Express 2008. Bagi sobat yang ingin belajar boleh saja mengunakan versi 2005 atau 2010. Visual Studio Versi Express bisa didapat dari link visual studio express. Mungkin sobat sekalian menghadapi kesulitan untuk memilih versi yang cocok. Visual Basic Express 2012/2010 cocok di install pada windows 8 atau Windows 7, sedangkan untuk Windows XP boleh diinstall VB 2005 ataupun VB2008, namun saat ini tidak mudah untuk mencari link downloadnya. Namun VB2010 masih mungkin diinstall di windows XP dengan beberapa kekurangan kecil.
Ada 2 methode installasi Visual Studio Express:

Visual Studio Web Installer
Sobat cukup memilih install now pada halaman download VS Express, file-file yang dibutuhkan akan didownload sambil menginstall.
Web Install Link
Visual Studio ISO File.
Dengan mendownload file .iso sobat akan memilki option seluruh visual studio express eg. vb, vcc, vc# dan vwd (visual web development). File ini berukuran cukup besar, kira-kira 800Mb. Menurut pengalaman penulis sesudah filenya didownload ternyata ukuran cd dipasaran tidak dapat menampung ukuran itu atau dengan kata lain diperlukan CDr media yang ukurannya diatas normal, ini belum pernah saya temukan dipasar. Untuk mendownload file ini boleh mengunjungi Visual Studio 2010 Express dan pilih Visual Studio Express All in One  ISO. Keuntungan mengunakan mothode ini, sobat bisa menginstall software tersebut berulang ulang atau install kembali di komputer lain.

Apa kekurangan VB Express? Mungkin banyak, tapi yang paling terasa adalah tidak tersedianya Crystall Report dan tidak dapat membuka data SQL nya hanya bisa membuka file mdb atau sdf saja tanpa bisa membuka SQL server secara langsung, namun saat runtime Sql tetap dapat login normal.

Kita bisa saja menginstall full version dari Visual studio, penulis tidak dapat menganjurkan pengunaan software bajakan, namun tersedia versi trial software tersebut dan dapat digunakan secara penuh. Seandainya kita bermaksud untuk mempelajari VB secara full dalam waktu yang lama sobat dapat mengunakan Virtual Machine dan menginstall layaknya dikomputer baru. Mari kita tinggalkan software bajakan.

Software Tambahan.
Untuk Software tambahan yang mungkin kita perlukan adalah SQL Studio Express, versi ini juga gratis dan dapat di download pada halaman ini atau Visual Studio Express 2008. SQLStudio Express diperlukan untuk mendesign atau mempelajari MSSQL Database.

Cukup dulu untuk tulisan hari ini.








3 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali buat saya yang masih newbie. terimakasih telah berbagi ilmu tentantang vb

    BalasHapus
  2. Sangat berguna. Indahnya saling berbagi ilmu dan keahlian.
    Silahkan berkunjung ke blog perkuliahan saya:

    http://rismonhasiholansianipar.blogspot.co.id

    http://rismonhsianipar.blogspot.co.id

    http://rhsianipar.blogspot.co.id

    BalasHapus