Kamis, 04 Juli 2013

Installasi Visual Basic 2008 Express

Sebenarnya artikel ini tidak begitu penting bagi sobat yang udah terbiasa dengan instalasi software, namun bagi newbe seperti pelajar ataupun mahasiswa yang kebetulan "nyasar" salah jurusan dan kemudian harus berjuang mempelajari "Mimpi Ngeri", mungkin rasanya tulisan ini akan menjadi bantuan. Pada kesempatan ini saya (lebih baik mengunakan kata "Saya" daripada "Penulis" :p) mengunakan installer Visual Studio 2008 Express All In One (iso disc image). Bagi sobat yang kebetulan mempunyai file Iso dan komputernya tidak dilengkapi CD atau DVD drive, sobat dapat mengunakan software Daemon Tool untuk membuat Virtual CD Drive dan file iso langsung bisa dioperasikan layaknya CD drive normal. Daemon Tool juga dapat digunakan untuk membuat image iso dari CD/DVD yang kita miliki. Daemon Tool dapat di download pada halaman Daemon Tool. Pilih saja versi lite dan ada tulisan free. Kalau sobat tertarik untuk memiliki full version dari "Daemon Tool" tersebut dan kebetulan punya duit "Lebih" bolehlah untuk membeli supaya developer software tersebut dapat "melanjutkan napasnya dan kerja lebih buat perbaikan" software mereka.

Setelah sobat memasukan CD ke Drive atau iso image di mount oleh Daemon Tool maka kita siap memulai installasi VB.

Berikut ini cuplikan installasi VB 2008 Express (beberapa screen shots dilewatkan, ada kemungkinan windows meminta re-start untuk penyelesaian sesuatu.):
Pertama VS2008E di insert tampil pilihan ini. Klik "Visual Basic 2008"
VB2008E Welcome Screen, Pilih next.
Pilihan default pada option item yang diinstall.

Setting lokasi folder tempat intallasi file VB nantinya.
Kalau sobat memiliki harddisk C yang  lumayan penuh sebaiknya menganti lokasi installasi dengan mengklik "Browse". Klik "Install" kalau semuanya sudah cocok.
Installasi akan selesai dengan screen yang menyatakan "..successfully installed".

Sobat sekalian boleh menginstall saja menginstall VB versi 2010 atau 2012, mungkin dengan prosedur yang sedikit berbeda.
Cheer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar